Para Pelaku dan Pencipta Sejarah Di Indonesia

Seorang anak kecil dari sebuah rombongan peziarah saya minta berdiri sebentar untuk saya foto. Dan... jepret.. serupa itu hasilnya. Lokasi tersebut tepatnya di makam Sunan Drajad, Lamongan. Mohon dimaafkan, jika saya salah karena mengambil foto di lokasi makam tersebut. Ngapunten Kanjeng Sunan.

Kanjeng Sunan Drajad adalah satu dari Wali Songo yang telah menciptakan sejarah di negeri Indonesia. Jauh sebelum Indonesia lahir di abad 21, pada awal abad XIV, kalau saya tidak salah sebut, mereka [para Wali Songo] melakukan dakwah bukan hanya pada dimensi spiritual dan keagamaan, namun seluruh dimensi dimensi kehidupan sehari-hari masyarakat telah dipoles menjadi lebih elok.

Saya tidak sedang bicara sejarah perjuangan para wali dengan data otentik, maaf ya.. saya hanya akan sedikit menggoreskan opini rasa batin saat berziarah ke makam para wali di Jawa timur hari ini [14 September 2018].

Intinya... hehehe ceritaku aku sudahi sampai di sini kawan, bahwa Indonesia saat ini ada-lah percikan dari perjuangan para wali.

Cerita ini bisa dibaca di : Para Pelaku dan Pencipta Sejarah Di Indonesia