Kunyit bisa bermanfaat untuk Kecantikan loh, Yuk simak !

Kunyit adalah termasuk dalam tanaman rempah-rempah, yang masih satu keluarga dekat dengan jahe(rhizomatous). Kunyit memiliki rasa yang sedikit pahit dan pedas, serta bau yang tajam, karena adanya zat yang disebut curcumin. Senyawa kurkumin ini adalah yang menyebabkan warna kuning oranye pada kunyit, dan yang paling diyakini paling berkhasiat bagi kesehatan.

Kunyit juga cukup tinggi kandungan vitamin C. Karena itulah tumbuhan ini sering sekali dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit dengan cara tradisional. Kunyit telah digunakan sebagai produk kecantikan selama berabad-abad . Ini adalah cara murah dan alami mengobati beberapa masalah kulit dan mendapatkan kulit mulus . Muncul dengan berbagai manfaat untuk kulit, antara lain :

1. Mengobati jerawat
Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa membuat masker wajah dari kunyit. Caranya campurkan satu sendok makan bubuk kunyit atau 3 sendok makan air perasan kunyit segar. Campurkan dengan sedikit yogurt dan madu. Aduk merata hingga menjadi pasta kental. Pakailah masker wajah ini selama 15 menit.

2 . Kunyit sebagai Masker wajah untuk Kulit Berminyak : Kunyit bermanfaat untuk kulit berminyak, karena mengatur produksi sebum (zat berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous). Kayu cendana akan bertindak sebagai astringent, dan jus jeruk sebagai sumber vitamin C, akan membantu untuk membersihkan noda-noda pada wajah. Untuk kulit berminyak, buatlah pasta dengan mencampurkan 1 ½ sendok makan bubuk cendana, sejumput kunyit, dan 3 sendok makan jus jeruk dan menerapkannya pada wajah. Biarkan dulu selama 10 sampai 15 menit.

3. Menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini
Kandungan nutrisi dalam kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi kerutan serta memperlambat proses penuaan. Untuk mendapatkan efek anti penuaan dari kunyit, buatlah masker yang terbuat dari 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok makan jus tomat. Pakailah masker tersebut di wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit kemudian basuh wajah dengan air dingin.

4. Menghilangkan rambut pada wajah : Anda dapat membuat scrub wajah dengan mencampur kasturi kunyit dan tepung kacang. Mengoleskan campuran ini di wajah Anda dapat menghambat pertumbuhan rambut wajah. Lakukan ini secara konsisten selama sekitar satu bulan, untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

5. Pengobatan kaki pecah-pecah : Kunyitmengandung agen penyembuhan yang sangat baik, terutama untuk menanggulangi tumit retak-retak atau pecah-pecah Campurkan 3 sendok kunyit dengan beberapa tetes air kelapa atau minyak jarak pada tumit selama 10 sampai 15 menit sebelum mandi.



Cerita ini bisa dibaca di : Kunyit bisa bermanfaat untuk Kecantikan loh, Yuk simak !

YOUR REACTION?