Khasiat Labu Siam Bagi Kesehatan

Buah labu siam lebih sering diolah sebagai bahan masakan, terutama sayuran. Buah hijau ini ternyata memiliki banyak khasiat  untuk kesehatan, antara lain sebagai berikut :

1.  Mencegah Bayi Lahir Cacat

Labu siam merupakan sayuran yang juga memiliki kandungan B complex yaitu Folat yang cukup baik. Kandungan folatnya yakni 93µg dalam 100 gram labu siam atau setara dengan 23% dari kebutuhan folat yang dianjurkan. Folat sendiri sangat dibutuhkan pada proses pembelahan sel,  pada ibu hamil folat membantu pertumbuhan sang janin dan menghindarkan bayi dari cacat syaraf.

2. Mencegah Penuaan Dini

Labu siam adalah sayuran dengan kandungan flavonoid yang cukup baik. Flavonoid di dalam labu siam dapat membantu tubuh untuk melawan zat – zat berbahaya seperti Reactive Oxygen Species (ROS) yakni zat yang merupakan turunan dari oksigen namun bersifat reaktif sehingga bisa membahayakan bagi tubuh, dan radikal – radikal bebas penyebab penuaan dini.

3. Mencegah Sembelit

Dengan menambahkan labu siam ke dalam menu makanan, ini berarti kita juga menambahkan asupan serat yang diperlukan tubuh kita. Serat tersebut akan memebantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit.

4. Mengobati Kembung

Labu siam juga berkhasiat untuk mengobati gangguan pada perut. Jika anda mengalami kembung misalnya, minumlah teh yang dicampur dengan irisan daging labu siam. Ini karena labu siam ternyata mengandung unsur – unsur yang termasuk dalam zat diuretik yang salah satu kegunaannya yaitu untuk mengobati perut kembung.

5. Menurunkan kolesterol

Khasiat labu siam juga ampuh untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh Anda. Buah ini mampu menjaga kandungan kolesterol dalam tubuh, terutama membuang kolesterol jahat. Dengan begitu, tubuh Anda akan terhindar dari penyakit akibat kolesterol.

6. Sumber stamina tubuh

Khasiat labu siam dengan kandungan energinya akan memberikan stamina yang lebih pada tubuh. Jika Anda memakan buah ini setiap hari, Anda tidak akan kekurangan tenaga untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

7. Mencegah kanker

Khasiat labu siam untuk tubuh juga dapat mencegah penyakit kanker. Buah ini dengan kandungan vitamin dan mineralnya akan membuat tubuh Anda lebih kuat untuk melawan gejala penyakit kanker yang berbahaya bagi tubuh.

Cerita ini bisa dibaca di : Khasiat Labu Siam Bagi Kesehatan

YOUR REACTION?