Inilah Kesalahan Seputar Foundation dan Cara Menghindarinya

Memilih dan memakai foundation memang kelihatannya mudah ya, tapi sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan supaya hasilnya bagus di wajah. Tapi nggak sekali dua kali juga beberapa kesalahan seputar foundation dialami oleh wanita. Ada beberapa kesalahan seputar foundation yang mungkin Anda lakukan dan ketahui juga cara menghidarinya berikut ini:

1. Foundation yang cakey

Cakey foundation atau ‘cake face’ adalah kondisi foundation, concealer atau bedak yang tidak menempel dengan sempurna sehingga terlihat makeup terpisah dari kulit. Bisa karena mengaplikasikan makeup terlalu tebal, kulit belum dipersiapkan dengan baik, atau tidak membaurkan makeup dengan benar.

Cara menghindari untuk menghindari hal ini, siapkan kulit dengan menggunakan pelembap dan primer terlebih dulu supaya foundation bisa menempel di atas permukaan kulit dengan baik. Aplikasikan foundation secara tipis-tipis, tambah jika dirasa dibutuhkan, dan baurkan dengan aplikator yang tepat.

2. Salah Memilih Warna Foundation

Buat Anda yang mencoba foundation di counter makeup, pastikan Anda tidak salah saat memilih warna foundation ya. Pencahayaan yang tepat ternyata saat berpengaruh terhadap hasil foundation pada wajah Anda. 

Usahakan pilih foundation di pencahayaan yang baik, atau Anda bisa coba mencobanya di sedikit di bagian kulit wajah seperti sedikit di atas rahang kemudian mencari cahaya alami untuk memastikan warna foundation yang Anda pilih sudah sesuai dengan warna kulit Anda.

3. Melewatkan Bedak

Sekilas pakai bedak memang terlihat sepele ya, tapi inilah salah satu tahap yang paling penting. Set foundation atau mengunci hasil foundation Anda akan membantu foundation tahan lebih lama.

 Usahakan hindari menggunakan bedak yang mengandung foundation seperti powder foundation atau two way-cake yang nantinya akan membuat permukaan wajah semakin tebal. Gunakan bedak seperti finishing powder, setting powder, atau translucent powder yang mampu mengunci foundation agar tahan lama dan tidak mengubah warnanya.

4.  Tidak Menyesuaikan Foundation dengan Aktivitas

Jika Anda ingin menggunakan foundation di luar ruangan atau aktivitas yang memicu keringat, ternyata pemilihan produknya juga tidak bisa sembarangan.

Foundation dengan tekstur powder mampu memberi daya tutup yang baik pada kulit dan tidak berminyak sehingga cocok digunakan di luar ruangan, sedangkan bagi Anda yang menghabiskan waktu di ruangan ber-AC,  foundation dengan tekstur liquid atau tinted moisturizer bisa jadi pilihan karena teksturnya terasa lembap di kulit.


Cerita ini bisa dibaca di : Inilah Kesalahan Seputar Foundation dan Cara Menghindarinya

YOUR REACTION?