Kenalan Sama Makaroni Skotel

Skotel atau makaroni skotel atau macaroni schotel adalah hidangan makanan yang sejatinya berasal dari luar negeri, namun acap kali ditemui di Indonesia. Jika kita menamainya sebagai skotel, namun di luar sana, di wilayah asalnya penyebutan skotel biasanya adalah macaroni casserole, yakni sejenis hidangan makaroni panggang. Makanan ini dikenal sebagai makanan pokok dan menjadi jenis masakan rumahan di Eropa bagian utara. Hidangan macaroni casserole ini terdiri dari makroni sebagai bahan utama, dengan campuran telur dan susu, serta bahan tambahan seperti daging, sayuran atau ikan, juga beberapa tambahan bumbu lainnya, termasuk pula keju dan saus.

Di Indonesia sendiri makroni skotel ini disinyalir dikenalkan oleh orang Belanda pada masa penjajahan. Nama skotel sendiri juga mengadopsi dari bahasa Belanda 'Schotel' atau 'schaal' yang artinya 'hidangan’. Ini mengacu pada wadah yang digunakan untuk membuat makanan ini. Di sisi lain, makanan berbahan makaroni sering dikenal sebagai makanan orang Italia.

***
Nah, itu adalah sejarahnya skotel. Aku sebenarnya kurang suka makanan londo karena kata lidahku terlalu amis (ilat ndeso wkw) tapi sempet tertarik pengen nyoba bikin pas habis icip skotel di kondangan kakak tingkat. Di kondangan itu banyak makanan aneh-anehnya, ya skotel, lasagna, dan sebagainya. Dan menurut insting kesotoianku kayaknya bikin skotel gampang, deh. Namun ya, omdo (omongan doang) haha.

Setelah sekian lama pengen masak skotel tadi, akhirnya terkabul jua (setelah beberapa tahun kemudian dari tercetusnya hasrat haha). Jadi sebenarnya awalnya beli makaroni buat campuran sup tapi kebanyakan. Akhirnya pernah saking kelaperan, dan malas beli bahan, pernah buat masakan ala-ala yang isinya campuran makroni, penyedap rasa, telor sama air dan rasanya lumayan mengingatkan makanan skotel pas kondangan. Akhirnya terniatlah yang gak cuman sekadar niat (ada usaha realisasiin) buat skotel. Meskipun tadi, sungguh dan sesungguhnya kurang suka sama makanan londo hehe.

Terus kepo deh mencari resep cara bikin skotel. Aku nyari yang paling sederhana dan mulai nyicil beli bahannya. Waktu itu aku udah beli keju, susu sachet, saus. Bahkan susu putih sachet yang kubeli udah tinggal separuh. Tahu separuhnya kemana? Dipake sodaraku buat minumin anak burung hantu piaraannya. Kesel gak sih? Tapi kabarnya beberapa hari yang lalu si burung mati digondol kucing wkwk. Entah kudu ikut sedih atau seneng ngedengernya.

Jadi dengan bahan seadanya jadilah sepert ini.

Kenalan Sama Makaroni Skotel Tanpa Dikukus

Kenalan Sama Makaroni Skotel Dikukus

Jadi dari sekian buka resep skotel di gugel, aku nyari yang paling mudah, paling gak ribet bahannya. Bahkan yang paling simpel sekalipun gak semua bahan kusiapkan haha.

Dari hasil kepo sama mbah tentang resep buat skotel paling sederhana, bahannya yang dibutuhkan sebenarnya adalah: makaroni, kornet, susu plain, keju parut, telur, bawang bombay, bawang putih, pala bubuk, lada, garam, gula, penyedap, minyak, mozarella.

Dan berhubung aku cuman mau memanfaatkan bahan seadanya, yang kupakai hanya: makaroni, susu putih sachet, keju parut, telur, bawang putih, lada bubuk, garam, penyedap, minyak, saus spagetti.

Parah, ya? Berapa bahan utama coba yang gak kupakai? Hihi. Gula saja sampai lupa, loh.
Si kornet ini kuakalin pakai saus spagetti (pikirku aromanya mirip-miriplah hehe) selain mau hemat soalnya rencana mau bikin pizza juga. Baca beberapa review susunya itu kalau gak plain rata-rata pakai ultra. Dan aku pakainya susu bubuk sachet (udah gitu cuman separuh lagi karena separuhnya buat burung hantu haha).

Kenalan Sama Makaroni Skotel


Ukuran alias takarannya? Hehe serba kira-kira. Main insting aja. Soalnya buat dimakan sendiri juga.

Langkah-langkah bikin skotel versi bahan seadanya:

1. Rebus makaroni sekitar 5-7 menit dengan api sedang, tambahin sedikit minyak goreng dan garam (aku cuman ngikut petunjuk, gak tahu fungsinya apa. Biar gak lengket kali, ya.)
2. Sambil nunggu rebus, campurkan telur, susu (sebelumnya dijur/ dikasih air dulu soalnya aku pakai susu bubuk sachet ya), dan parutan keju.
3. Kalau sudah, tiriskan si makroni. Buang air rebusannya.
4. Tumis bawang putih yang diiris tipis-tipis, masukkan saus spagetti. Kemudian tuang campuran susu, keju dan telur tadi. Masukkan makroni, garam, lada bubuk, dan penyedap rasa. Tunggu sampai semi matang.
5. Icipin. Kalau kurang pas tambahi yang kurang.
6. Kalau sudah mengental, sudah matang, angkat. Masukkan wadah (harusnya pakai aluminium foil, tapi berhubung gak punya pakai wadah biasa). Taburkan parutan keju dan saus spagett lagi. Kukus 17-25 menit.
(Sesungguhnya langsung dimakan juga gak papa, sudah enak dan sudah mateng kok).


Rasanya? Sebenarnya lumayan, sih. Apalagi dengan keterbatasan alat dan bahan (btw, aku ngukusnya pakai magic com loh). Sayangnya ini masak-masak  sendiri, makan juga makan sendiri haha. Jadi gak ada jurinya  Cuman agak kecewa di rasa kejunya aja. Maklum semua bahan ini bernilai hemat dan pelit wkwkw. Coba ada mozarella, kornet dll baru dah mantap.

Hmm... nulis ini cuman sharing aja, bukan bermaksud menyesatkan wkwk. Tapi jika mau mengikuti langkah hemat bin pelit dengan bahan ala kadarnya, juga monggo-monggo aja ... ;)


sumber pict sampul: https://cookpad.com/id/resep/3534985-macaroni-schotel-makaroni-skotel

Cerita ini bisa dibaca di : Kenalan Sama Makaroni Skotel