Kembali ke Diri Sendiri, Bagaimana Caranya?

Dalam hidup ini kita tentu pernah merasakan berada dalam masa-masa sulit. Kadang ingin menyerah, mengakhiri hidup, menyalahkan diri sendiri maupun orang lain. Kita sebenarnya tahu, bahwa hal-hal seperti itu bukan sebuah solusi, namun hanya pelampiasan sesaat. 

Saat segala sesuatu terjadi, jangan langsung melakukan protes kepada pihak luar, cobalah untuk kembali ke dalam diri sendiri dulu. Lantas bagaimana caranya? 

Pertama, Lihat Penyebabnya

Saat kamu mengalami masa-masa sulit atau mengalami penderitaan, cobalah lihat apa yang menyebabkan kamu menderita. Apa masalah yang sedang kamu hadapi. Marilah kita belajar untuk tidak menyalahkan orang lain atas penderitaan yang kita terima. Dan jangan juga menghukum diri sendiri atas apa yang terjadi denganmu.

Ketika kamu bisa melihat dan mengetahui apa masalahmu, apa penyebabnya, maka kamu bisa berpikir dengan tenang solusi untuk mengatasinya. 

Kedua, Introspeksi Diri

Saat kamu mengalami masalah cobalah untuk melakukan introspeksi diri. Cobalah mengerti bahwa apapun yang terjadi bersumber dari diri sendiri pula.

Kegagalan yang kamu alami, bisa saja terjadi karena usahamu yang kurang maksimal. Penderitaan yang kamu rasakan, bisa saja terjadi karena kita kurang bersyukur dan menikmati segala hal yang telah kita terima. Cobalah untuk terus perpikir positif tentang apa yang sedang kamu alami tanpa harus menyalahkan orang lain. 

Ketiga, Perbaiki Diri

Setelah melakukan introspeksi diri, saatnya memperbaiki diri dan belajar dari kesalahan yang telah kita alami. Sebelum memberikan yang terbaik untuk orang lain dan memperbaiki dunia, akan lebih baik jika kita memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu. 

Semoga bermanfaat ? 


Sumber gambar: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?

Cerita ini bisa dibaca di : Kembali ke Diri Sendiri, Bagaimana Caranya?