Burung Bangau Putih Datang Setiap Para Petani Melaksanakan  Pengolahan Lahan Sawah di Jorong Kucabuak Kecamatan Tanjuang Barulak Tanah datar

            Pengolahan sawah di Jorong Kucabuak Kanagarian Tanjuang Barulak Tanah Datar sama halnya dengan pengolahan sawah di daerah Sumatra Barat pada umumnya. tapi yang unik di daerah ini adalah pada saat pengolahan lahan sawah tersebut burung bangau pun selalu menemani para petani untuk membajak sawahnya.

         Ternyata hewan herbivora itu mencari makanannya pada saat tanah lumpur sawah itu di olah oleh mesin bajak, kalau kita amati apabila lumpur itu di putar rupanya ada cacing tanah dan ulat - ulat kecil yang keluar dari tanah berlumpur tersebut, cacing dan ulat tersebutlah yang menjadi incaran para gerombolan bangau yang datang dari arah timur danau singkarak untuk mencari makan ke tempat -tempat yang sedang melakukan pengolahan sawah.

        Burung Bangau tersebut rupanya datang setiap musim para petani membajak sawah dan pada musim itulah bangau tersebut mencari makan di setiap daerah yang melaksanakan pengolahan sawah tersebut,  rupanya dilihat dan di amati Bangau merupakan jenis burung yang berasal dari famili Ciconiidae. Burung bangau yaitu burung besar yang gemar berpindah tempat yang tingginya satu hingga satu setengah meter.

Serta hampir seluruhnya bersayap putih lebar dan juga memiliki ekor hitam yang panjang. Bagian paruh dan kaki panjangnya dengan warna merah, menjadikan mereka tampak cantik.

Bangau punya ukuran badan yang cukup besar, selain itu juga memiliki kaki serta leher panjang dan juga mempunyai paruh yang kuat, besar dan juga tebal.

Bagian sayap dari burung bangau punya sayap yang lebar apabila di bentangkan.

Bangau tidak bersuara, sebab tidak punya organ suara syrinx. Sehingga apabila berkomunikasi bersama dengan pasangan maka burung bangau akan mengadu bagian paruhnya.

Bagian paruh yang diadu dengan pasangannya termasuk cara berkomunikasinya menggantikan menggunakan suara panggilan.

Bangau termasuk jenis burung pantai migran, yang bisa terbang jauh dengan cara melayang dengan cara memanfaatkan arus udara panas. Jadi bisa menghemat tenaga.

Makanan utama dari jenis burung berkaki panjang ini yaitu katak, burung ukuran kecil, ikan, cacing, dan juga mamalia kecil yang ada di pantai dan di lahan basah. itu lah makanya bangau banyak datang apabila musim petani membajak sawahnya.


Cerita ini bisa dibaca di : Burung Bangau Putih Datang Setiap Para Petani Melaksanakan Pengolahan Lahan Sawah di Jorong Kucabuak Kecamatan Tanjuang Barulak Tanah datar